Pesawat Perang Di Perang Dunia 2

5.  Republic P-47 Thunderbolt ( U.S.A )
  
Republic P-47 Thunderbolt, juga dikenal sebagai "Jag" adalah sebuah pesawat tempur terbesar, terberat dan termahal dalam sejarah yang menggunakan mesin satu piston. Ia merupakan salah salah satu pesawat tempur utama (USAAF) semasa Perang Dunia II. Pesawat ini turut juga digunakan oleh pasukan udara Pihak Sekutu yang lain. P-47 bukan hanya sangat efektif dalam pertempuran udara , tetapi juga terbukti ahli dalam serangan darat . Ia memiliki delapan senapan mesin kaliber 50, empat buah pada setiap sayapnya. Jika memiliki muatan penuh, P-47 bisa mencapai berat hingga delapan ton. Pesawat setaranya pada zaman modern yaitu A-10 Thunderbolt II , mendapat namanya dari P-47.


 4. Messerschmitt BF-109 ( Germany )
 
Messerschmitt Bf 109 adalah sebuah pesawat bermesin tunggal buatan Jerman yang mulai dipakai sejak tahun 1930, dan didesain oleh seorang insinyur Jerman, Willy Messerschmitt sebagai jawaban atas permintaan dari Reichsluftfahrtministerium (RLM) untuk sebuah pesawat konsep masa depan yang mendukung akan kekuatan Luftwaffe. Desain Bf 109 dimulai oleh Bayerische Flugzeugwerke pada akhir 1933, setelah adanya pernyataan dari Reichsluftfahrtministerium (RLM) yang membutuhkan pesawa tempur monoplane untuk menggantikan Arado Ar 68 dan Heinkel He 51.


3. Supermarine Spitfire ( U.K )

Supermarine Spitfire adalah salah satu jenis pesawat tempur pemburu pengintai (reconnaissance aircraft) yang dimiliki Angkatan Udara Britania Raya (RAF) pada Perang Dunia II. Pesawat jenis ini menjadi terkenal setelah berhasil mengimbangi dan bahkan mengalahkan pesawat-pesawat milik Jerman yang saat itu diakui lebih maju teknologinya, dalam "Pertempuran Britania" (Battle of Britain).


2. Grumman F-6F Hellcat ( U.S.A )

Grumman F6F Hellcat adalah sebuah pesawat tempur sayap rendah (low wing) yang dioperasikan di atas kapal induk yang dibangunkan untuk mengantikan pesawat F4F Wildcat yang lebih awal digunakan dalam layanan Angkatan Laut Amerika Serikat. Meskipun F6F menyerupai Wildcat, ia merupakan satu desain baru yang berbeda dengan listrik 2.000 hp Pratt & Whitney R-2800. Hellcat dan Vought F4U Corsair merupakan pesawat tempur Angkatan Laut A.S yang utama selama paruh kedua Perang Dunia II.

1.  North American P-51 Mustang ( U.S.A )

P-51 Mustang adalah sebuah pesawat petarung jarak jauh buatan pengintai (reconnaissance aircraft) Amerika Serikat. Pesawat ini menjadi salah satu pesawat tempur terbaik pada perang dunia II. Mustang menjadi satu-satunya pesawat petarung yang mampu mencapai Berlin, baik untuk melangsungkan serangan mandiri maupun untuk mengawal pesawat pengebom yang akan menjatuhkan bom di Berlin.


Sumber : 

https://www.youtube.com/watch?v=YN6oPJ8JUKQ
https://id.wikipedia.org

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Pertempuran Terbesar Pada Masa Perang Dunia 2