5 Pasukan Elit Di Era PD2

5. Long Range Desert Group

The Long Range Desert Group ( LRDG ) adalah pengintaian dan menyerang unit Angkatan Darat Inggris selama Perang Dunia Kedua. Awalnya disebut Long Range Patrol ( LRP ), unit didirikan di Mesir pada bulan Juni 1940 oleh Mayor Ralph A. Bagnold, bertindak di bawah arahan Jenderal Archibald Wavell. Bagnold dibantu oleh Kapten Patrick Clayton dan Kapten William Shaw. Pada awalnya mayoritas orang-orang itu dari Selandia Baru, tetapi mereka segera bergabung dengan Southern Rhodesia dan relawan Inggris, dimana sub - unit baru dibentuk dan namanya diubah ke yang lebih dikenal Long Range Desert Group ( LRDG ). The LRDG tidak pernah berjumlah lebih dari 350 orang, yang semuanya relawan.
4. Special Air Service


The Special Air Service (SAS) adalah sebuah unit pasukan khusus Angkatan Darat Inggris. SAS didirikan pada tahun 1941 sebagai resimen, dan kemudian kembali sebagai korps di tahun 1950. Unit melakukan sejumlah peran termasuk pengintaian rahasia, kontra-terorisme, aksi langsung, penyelamatan sandera dan pengumpulan intelijen manusia. korps saat ini terdiri dari 22 Special Air Service Regiment, komponen biasa, di bawah komando operasional Inggris Raya Pasukan Khusus, dan 21 (Artis) Special Air Service Regiment (Cadangan) dan 23 Special Air Service Regiment (Cadangan), yang unit cadangan di bawah komando operasional 1 Intelligence, Surveillance dan Reconnaissance Brigade. 

3. Brandenburg

Brandenburg adalah satuan komando Jerman yang dibentuk selama Perang Dunia II. Cikal bakal kesatuan ini telah ada sejak Perang Dunia I. Berbeda dengan Waffen-SS, Brandenburg tidak memiliki kaitan apapun dengan partai Nazi. Mereka berada langsung dibawah komando Abwehr (Badan Intelijen Angkatan Bersenjata Jerman) dan merupakan satuan komando yang menjalankan misi-misi khusus. Para anggota Brandenburg (Brandenburger) telah beraksi disemua front dalam Perang Dunia II: dalam Blitzkrieg (Perang Kilat) di Polandia, perang di Perancis, Operasi Barbarossa di Rusia, Finlandia, Yunani, Gibraltar (Spanyol), invasi pasukan payung di Pulau Kreta (Operasi Mercury), Semenanjung Balkan, dan bahkan beberapa unit juga dikirim dengan misi penyusupan di India, Timur Tengah, Afghanistan, dan Afrika Selatan. Dalam masa-masa awal perang, Brandenburg mampu menunjukan prestasi yang sangat mengesankan dalam menguasai dan menduduki tempat-tempat vital, seperti jembatan, bunker, jalur kereta api, atau benteng pertahanan sebelum pasukan utama bergerak maju. Unit-unit Brandenburg juga terdiri dari orang-orang yang mahir berbahasa asing untuk melakukan misi penyusupan dan penyamaran.
 2. Fallschirmjager


Fallschirmjäger ( Fallschirmjaeger dalam bahasa Inggris ) adalah kata Jerman untuk pasukan terjun payung . Mereka memainkan peran penting selama Perang Dunia II , ketika, bersama-sama dengan Gebirgsjäger mereka dianggap sebagai unit infanteri elit militer Jerman. Setelah Perang Dunia II, mereka kembali sebagai bagian dari angkatan bersenjata pasca perang dari kedua Barat dan Jerman Timur, terutama pasukan ops khusus. Jerman Fallschirmjäger dalam Perang Dunia II adalah pasukan terjun payung pertama yang akan dilakukan dalam operasi udara besar-besaran. Mereka kemudian dikenal sebagai " setan hijau" oleh pasukan Sekutu yang berperang melawan, serta untuk semangat unik mereka yang berbeda. 
 1.Waffen-SS


Waffen-SS adalah Pasukan Elit Jerman yang anggota nya di ambil dari barisan Pengawal Hitler yang paling ditakuti di seluruh Eropa, yaitu Schutzstaffel ( Pasukan Pengawal ) atau biasa di singkat SS . Pada mulanya, Para anggotanya terdiri atas para pemuda pilihan yang memiliki fisik kuat dan telah teruji kemurnian darah daging nya oleh Ras yang menurut mereka paling sempurna di seluruh dunia yaitu Ras Aryan.
Unit ini terbentuk dari tiga bagian SS, yaitu :

  • Leibstandarte SS Adolf Hitler ( Pasukan Pengawal Pribadi Hitler );
  • SSVT ( SS-Verfuegungstruppe, atau Pasukan Khusus SS );
  • dan SSVT ( SS-Totenkopfverbaende, unit Penjaga Kamp Konsentrasi Yahudi ).
Ketiganya, beserta sebuah unit kepolisian yang dimiliterisasikan, digabungkan di bawah naungan Waffen-SS pada akhir bulan Desember 1940



  Sumber
http://warofweekly.blogspot.co.id/2011/07/7-pasukan-elit-di-perang-dunia-ii.html 
https://id.wikipedia.org/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Pertempuran Terbesar Pada Masa Perang Dunia 2

Tugas Etika Bisnis

5 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia